Fungsi dan Manfaat Hipotesis
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6Wk-t9KyA9nuhZVuILzczE0u5QRfPw47Y4JyNktCqAzqJITdPqrJadJSWPhz1zwNhJ8JWmn2FlQ2KviemUgwgl0_n3G8FZp0ICtP3dmf-68uMZp-7u0bXdkI31EOCHVouFeAsl3hP7Sc/s16000/hipotesis.jpg)
Setelah mempelajari Hipotesis, maka penting untuk peneliti untuk mengetahui fungsi dan manfaatnya agar dapat menganalogikan pentingnya sebuah penelitian.
Berikut ini adalah fungsi dari hipotesis yang ada dalam penelitian:
Hipotesis memberikan penjelasan sementara tentang gejala-gejala serta memudahkan perluasan pengetahuan dalam suatu bidang. Untuk dapat sampai pada pengetahuan yang dapat dipercaya mengenai masalah pendidikan, peneliti harus melangkah lebih jauh dari pada sekedar mengumpukan fakta yang berserakan, untuk mencari generalisasi dan antar hubungan yang ada diantara fakta-fakta tersebut. Antar hubungan dan generalisasi ini akan memberikan gambaran pola, yang penting untuk memahami persoalan. Pola semacam ini tidaklah menjadi jelas selama pengumpulan data dilakukan tanpa arah. Hipotesis yang telah terencana dengan baik akan memberikan arah dan mengemukakan penjelasan. Karena hipotesis tersebut dapat diuji dan divalidasi (pengujian kesahiannya) melalui penyelidikan ilmiah, maka hipotesis dapat mebantu kita untuk memperluas pengetahuan.
Hipotesis
memberikan suatu pernyataan hubungan yang langsung dapat diuji dalam
penelitian. Pertanyaan tidak dapat diuji secara langsung. Penelitian
memang dimulai dengan suatu pertanyaan, akan tetapi hanya hubungan antara
variabel yang akan dapat duji. Misalnya, peneliti tidak akan menguji
pertanyaan apakah komentar guru terhadap pekerjaan murid menyebabkan
peningkatan hasil belajar murid secara nyata“? akan tetapi peneliti
menguji hipotesis yang tersirat dalam pertanyaan tersebut “komentar guru
terhadap hasil pekerjaan murid, menyebabkan meningkatnya hasil belajar
murid secara nyata“ atau yang lebih spesifik lagi “skor hasil
belajar siswa yang menerima komentar guru atas pekerjaan mereka sebelumnya
akan lebih tinggi dari pada skor siswa yang tidak menerima komentar guru
atas pekerjaan mereka sebelumnya“. Selanjutnya peneliti, dapat
melanjutkan penelitiannya dengan meneliti hubngan antara kedua vatiabel
tersebut, yaitu komentar guru dan prestasi siswa.
Hipotesis
memberikan arah kepada penelitian. Hipotesis merupakan tujuan khusus. Dengan
demikian hipotesis juga menentukan sifat-sifat data yang diperlukan untuk
menguji pernyataan tersebut. Secara sangat sederhana, hipotesis
menunjukkan kepada para peneliti apa yang harus dilakukan. Fakta yang
harus dipilih dan diamati adalah fakta yang adahubungann nya dengan
pertanyaan tertentu.Hipotesislah yang mentukan relevansi fakta-fakta
itu.Hipotesis ini dapat memberikan dasar dalam pemilihan sampel serta
prosedur penelitian yang harus dipakai.Hipotesis jufga dapat menunjukkan
analisis satatistik yang diperlukan dan hubungannya yang harus menunjukkan
analisis statistik yang diperlukan agar ruang lingkup studi tersebut tetap
terbatas, dengan mencegahnya menjadi terlalu sarat.
Hipotesis
memberikan kerangka untuk melaporkan kesimpulan penyelidikan. Akan sangat
memudahkan peneliti jika mengambil setiap hipotesis secara terpisah dan
menyatakan kesimpulan yang relevan dengan hipotesis tersebut.Artinya,
peneliti dapat menyusun bagian laporan tertulis ini diseputar
jawaban-jawaban terhadap hipotesis semula, sehingga membuat penyajian ini
lebih berarti dan mudah dibaca.
Penetapan hipotesis dalam sebuah
penelitian memberikan manfaat sebagai berikut:
Memberikan batasan dan memperkecil jangkauan
penelitian dan kerja penelitian.
Mensiagakan peneliti kepada kondisi fakta dan
hubungan antar fakta, yang kadang kala hilang begitu saja dari perhatian
peneliti.
Sebagai alat yang sederhana dalam memfokuskan
fakta yang bercerai-berai tanpa koordinasi ke dalam suatu kesatuan penting dan
menyeluruh.
Sebagai panduan dalam pengujian serta
penyesuaian dengan fakta dan antar fakta.
Hargai penulis secara ilmiah dengan memasukkan:
Freddy Yakob. 2014. Fungsi dan Manfaat Hipotesis.
Freddy Yakob. 2014. Fungsi dan Manfaat Hipotesis.